
Industri rokok dan bidikannya. Sumber : Instagram tcipm
Produksi rokok terus meningkat. Tapi, siapa yang akan mengkonsumsi rokok-rokok tersebut? Tentu para konsumen baru
Industri rokok selalu dan terus selalu mencari konsumen baru, sejak usia yang sangat muda. Nggak asing di sekitar kita, pelajar SMP atau bahkan pelajar SD mulai coba-coba merokok. Mereka ini lah segmen usia remaja, sasaran perluasan pasar dari industri rokok.
Fenomena ini diperkuat oleh Shadel, Naura, dan Abrams (2001) yang menyatakan bahwa sejak tahun 1980-an industri rokok telah membidik pangsa pasar remaja. Pemasaran rokok khususnya menargetkan remaja usia 14-18 tahun sebagai perokok-perokok baru, pelanggan produk-produk rokok yang bertambah miliaran batang per tahunnya.
Padahal regulasi jelas mengatur bahwa rokok hanya boleh diperjualbelikan pada orang-orang yang sudah cukup usianya. Lebih tepatnya : 18 tahun ke atas. Namun, industri rokok yang membidik konsumen-konsumen remaja membuat penerapan regulasi masih jauh panggang dari api.