Ini, Lho, Alasan Pelajar Mencoba Rokok

Ada beragam motif yang mendorong pelajar untuk mencoba rokok. Motif itu bisa datang dari diri sendiri maupun pengaruh lingkungan sekitar. Hal ini diperkuat oleh pendapat Lewin (Komasari & Helmi, 2000) perilaku merokok merupakan fungsi dari lingkungan dan individu.

Laventhal (dalam Smet, 1994) mengatakan bahwa merokok tahap awal dilakukan dengan teman-teman (46%), seorang anggota keluarga bukan orang tua (23%) dan orang tua (14%). Hal ini mendukung hasil penelitian yang dilakukan oleh Komasari dan Helmi (2000) yang mengatakan bahwa ada tiga faktor penyebab perilaku merokok pada remaja yaitu kepuasan psikologis, sikap permisif orang tua terhadap perilaku merokok remaja, dan pengaruh teman sebaya.

Banyak sekali pendapat ahli mengenai faktor-faktor yang menyebabkan kecenderungan untuk mulai mencicipi rokok. Beberapa data  yang dipaparkan diatas telah memberikan sebagian gambarannya. Perlu komitmen pribadi maupun upaya menciptakan lingkungan yang mendukung untuk terhindar dari peluang merokok dan terdampak bahaya rokok bagi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *