Makin Kesini, Makin Dini

Beragam penelitian memaparkan bahwa usia awal mencoba rokok menunjukkan semakin dini dari waktu ke waktu. Salah satu hal yang mendorong fenomena tersebut adalah tahap pengenalan terhadap rokok yang semakin dini, baik akibat iklan maupun lingkungan.

Tahap  pengenalan ini terjadi saat seseorang mendapatkan gambaran yang menyenangkan terhadap rokok. Seseorang dapat melihat, mendengar atau mungkin membacanya misalnya dari sebuah majalah

Tahap pengenalan akan berlanjut pada tahap mencoba rokok. Seseorang mulai mencoba merokok dan memberikan penilaian pada tahap ini. Kemungkinan untuk meneruskan perilaku merokok akan muncul ketika menganggap rokok merupakan hal yang baik bagi dirinya.

Fenomena semakin mudanya usia perokok pemula ini tak semata-mata karena pribadi perokok, namun juga akibat industri rokok yang menyasar konsumen remaja. Sejak tahun 1980-an industri rokok di Amerika juga telah membidik pangsa pasar remaja, khususnya usia 14-18 tahun (Shadel, Niaura, & Abrams, 2001).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *